Kompas TV regional berita daerah

Ramadan, Siswa Khatam Al Quran 2 Kali Sehari

Kompas.tv - 15 April 2022, 17:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GORBOGAN, KOMPAS.TV - Suasana tadarusan terlihat setiap hari di Madrasah Aliyah (MA) dan tswanawiyah (MTS) Al Hidayah di Kecamatan Karang Rayung, Kabupaten Grobogan. Jawa Tengah. Selama bulan suci Ramadan, siswa melakukan tadarus Al Qur'an. Mereka mampu melaksanakan khatam Al Qur'an dua kali setiap pagi.

Tidak ada perbedaan berarti dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah selama Ramadan. Yang ada hanya penambahan waktu membaca Al Qur'an. Sebelum memulai kegiatan belajar di kelas, ratusan siswa melakukan tadarus Al Qur'an di aula sekolah.

"Khatam Al Quran ini dilakukan setiap tahunnya, setiap bulan Ramadan untuk melatih peserta didik, untuk mencintai kegiatan-kegiatan di bulan Ramadan" ujar Waka Madrasah Al Hidayah.

Sudah menjadi tradisi selama bertahun-tahun bagi siswa di sekolah ini, melalukan khatam Al Qur'an setiap hari selama Ramadan. Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kecintaan siswa kepada Al Qur'an.

"Setiap pagi itu 2 kali khatam Al Quran, kemudian dilanjutkan dengan Kegiatan Belajar Mengajar" kata Muhammad Zulwafa, siswa.

Dengan membangkitkan rasa cinta terhadap Al Qur'an, para siswa juga bisa menambah amalan ibadah mereka selama bulan suci Ramadan. Khatam Al Qur'an menjadi kegiatan sekolah untuk mengisi kegiatan ibadah Ramadan. #ramadan #alquran #madrasah #khatamalquran




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x