Kompas TV regional berita daerah

Potret Toleransi Warga, Masjid Berhadapan dengan Gereja

Kompas.tv - 12 April 2022, 11:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Masjid Nurul Hikmah dan Gereja Injil Tanah Jawa (GITJ) yang terletak di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara Jawa Tengah, menjadi bukti keharmonisan hubungan umat Muslim dan Kristiani dalam menjaga toleransi antarumat beragama.

Hal ini terlihat dari aksi gotong royong kedua umat beragama dalam setiap menggelar perayaan hari besar keagamaan, seperti pada saat bulan Ramadan. Umat Kristiani gotong royong membantu membersihkan masjid yang berdiri di depan gereja.

Selain itu sebagai bentuk toleransi, selama bulan Ramadan umat Kristiani di desa ini, tidak makan di luar rumah saat siang hari. Hal ini dilakukan untuk menghormati umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Kalau setiap Ramadan, kami umat Nasrani membantu bersih-bersih di masjid. Begitu juga kalau ada acara Natal, umat Muslim juga membantu kami membersihkan mau pun menata gereja kami. Biasanya kami orang desa, kalau misalkan kami makan sambil duduk di luar. Kalau Ramadan, setidaknya kami menghormati saudara-saudara kami yang berpuasa, jadi kami kalau makan di dalam rumah," ucap Inpri Antini, warga umat Kristiani.

Menurut Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, toleransi antarumat beragama di desa tempur ini sudah berlangsung secara turun temurun di Desa Tempur. Saat perayaan hari besar keagamaan warga saling membantu sesama meski berbeda agama. Kondisi ini diharapkan dapat menginspirasi kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Luar biasa kalau kita berbicara masyarakat Tempur ini, dan itu merupakan salah satu warisan budaya kita. Kegotongroyangan, kebersamaan, kebhinnekaan itu sangat tinggi sekali. Dan harapannya dengan seperti ini, tidak hanyak menginspirasi kecamatan lain yang ada di Jepara. Harapannya adalah republik ini di Indonesia semuanya seperti ini, begitu indah kalau itu bisa terjadi," ujar Dian Kristiandi.

Desa Tempur ini terletak dikawasan puncak pegunungan Muria dengan jumlah penduduk mencapai 3.600 jiwa. Meski mayoritas warganya beragama Muslim, namun ada juga warga yang beragama Nasrani. Mereka hidup dengan rukun dan salin berdampingan serta saling hormat menghormati antara satu dengan yang lain.

#toleransi #muslimkristiani #jepara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x