Kompas TV regional berita daerah

Berburu Ikan Mimi Kuliner Khas Ramadan

Kompas.tv - 8 April 2022, 11:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Setelah dua tahun vakum tidak ada tradisi menyambut bulan Ramadan, warga Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menyambut dengan antusias tradisi Tukudher di halaman parkir Masjid Al Muttaqin Kaliwungu. Tradisi Tukuder ini ramai dipadati warga yang rela berdesakan untuk mendapatkan makanan tradisional khas Kaliwungu, Kendal, salah satunya adalah telur Mimi.

Telur Mimi merupakan makanan tradisional berbahan telur ikan Mimi dan diberi bumbu parutan kelapa. Ikan Mimi sendiri merupakan ikan sejenis ikan Pari, namun mempunyai kulit keras. Ikan Mimi mudah didapat di perairan laut Jawa sekitar perairan Kendal. Ikan Mimi yang bertelur direbus dengan bumbu rempah-rempah dan kemudian disajikan dengan parutan kelapa dan bumbu pedas.

Biasanya pedagang menjualnya dengan harga Rp 5.000 untuk satu plastik telur Mimi. Sedangkan untuk satu pasang ikan mimi dijual dengan harga Rp 75.000.

"Telur Mimi sebangsa kepiting laut, dicampur sama bumbu urap. Rasanya asin, pedes, manis," ujar Uswatun Khasanah, pedagang.

"Cari telur Mimi, anak-anak paling suka sama telur Mimi. Telur Mimi cuma produksi Kaliwungu yang setia tahun kita tunggu-tunggu," kata Istianah, warga sekitar.

Dua tahun tidak digelar karena pandemi membuat warga Kaliwungu rindu dengan kemeriahan tradisi menyambut bulan Puasa ini. Meski harus berpanasan dan saling berdesakan, mereka tetap senang tradisi Tukudher bisa kembali digelar.

#telurmimi #ramadan #kaliwungu

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x