Kompas TV regional berita daerah

Jaga Stok Darah, PMI Jemput Pendonor Usai Tarawih

Kompas.tv - 7 April 2022, 10:15 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, punya cara untuk menjaga stok darah selama bulan Ramadan. Mereka mengadakan kegiatan donor di malam hari, dengan jemput bola pendonor di masjid-masjid setelah salat tarawih.

Kegiatan jemput bola donor darah usai salat tarawih salah satunya berlangsung di masjid di Kelurahan Pekajangan, Kabupaten Pekalongan. Banyak warga yang mengantre untuk bisa mendonorkan darahnya.

Para petugas dari PMI Kabupaten Pekalongan, setiap harinya bergerak dari satu masjid ke masjid lainnya untuk jemput bola kegiatan donor darah. Sebelum memberikan darahnya, para petugas memeriksa warga yang akan berdonor.

Warga merasa terbantu dengan adanya donor darah yang digelar malam hari. Hal itu karena mereka kebanyakan takut bertambah lemas, usai berdonor siang hari lantaran sedang berpuasa.

"Donor darah malam enak karena dingin, tempatnya nyaman dan tidak mengganggu jam kerja. Saya kalau donor seringnya waktu malam hari," ujar Mediana, pendonor.

Data dari PMI Kabupaten Pekalongan di bulan Ramadan warga yang mendonorkan darahnya berkurang sampai 50 persen, sehingga membuat stok menipis. Oleh karena itu, PMI melakukan kegiatan donor darah mobile setiap hari usai salat tarawih.

"Menipis sekali sih tidak, pas-pasan. Namun, kita tetap mengantisipasi stok darah di bulan Ramadan hingga nanti lebaran. Sebenarnya tidak ada kendala, tapi kita mengantisipasi bahwa pada siang hari mereka takut lemas usai berdonor karena puasa. Jadi, kita alihkan kegiatan donor malam hari setelah tarawih, ketika kondisi tubuh juga sudah kembali pulih seperti siang hari," ucap Suryadi, Kepala UDD PMI Kabupaten Pekalongan.

Untuk menarik minat warga berdonor, panitia menyediakan makanan tradisional mirip rawon bernama pindang tetel. Rencananya, donor darah mobile ini akan dilaksanakan sampai sehari jelang hari raya Idul Fitri dengan target 40 kantong tiap harinya. Berharap dengan adanya donor darah mobile, stok darah di PMI Kabupaten Pekalongan ini aman hingga tujuh hari setelah lebaran.

#donordarah #pmi #pekalongan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x