Kompas TV regional berita daerah

Warga Produksi Minyak Goreng dari Kelapa

Kompas.tv - 5 April 2022, 11:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOSOBO, KOMPAS.TV - Tidak ingin terlalu lama cemas karena harga minyak goreng yang masih tinggi. Warga Desa Talunombo, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah membuat minyak goreng sendiri yang dibuat dengan menggunakan bahan yang tersedia serta melimpah di lingkungan sekitar, yakni buah kelapa.

Proses pembuatan minyak goreng dari kelapa terbilang sederhana. Kelapa yang sudah tua terlebih dahulu dikupas dan diparut untuk dibuat santan. Santan selanjutnya dimasak hingga airnya habis dan menyisakan minyak goreng.

Minyak goreng dari santan ini jernih seperti minyak goreng dalam kemasan. Membuat sendiri minyak goreng dari kelapa biayanya lebih murah. Bahan baku yang digunakan, yakni 10 butir kelapa seharga Rp 30 ribu. Dari 10 butir kelapa ini bisa menghasilkan kurang lebih 3 liter minyak goreng. Minyak goreng dari kelapa bisa digunakan untuk beragam keperluan memasak, mulai dari menumis hingga menggoreng.

"Buat minyak goreng dari kelapa itu sangat mudah sekali, karena di sekitar kita ini banyak sekali pohon-pohon kelapa. Buah kelapa yang sudah tua itu, kita proses dengan merebusnya selama 3 jam dan alhamdulillah langsung menjadi minyak dan langsung dapat digunakan untuk menggoreng," ujar Badarudin, pembuat minyak goreng kelapa.

Proses pembuatan minyak goreng dari kelapa ini merupakan kebiasaan sejak nenek moyang. Dahulu sebelum adanya minyak goreng sawit, warga Desa Talunombo, sudah membuat sendiri minyak goreng dari kelapa.

#minyakgoreng #minyakkelapa #wonosobo




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x