Kompas TV regional berita daerah

Napi Hasilkan Kerajinan Bernilai Ekonomis

Kompas.tv - 4 April 2022, 07:53 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Inilah berbagai hasil karya kerajinan yang diproduksi dari tangan para narapidana di Lapas kelas iib Brebes, Jawa Tengah. Seperti sandal hotel, keset dan tas souvenir pernikahan atau hantaran. Kerajinan yang diproduksi memiliki nilai ekonomi dan mudah dipasarkan.

 

Beberapa narapidana yang sudah terlatih secara aktif memproduksi beberapa kerajinan yang bisa menghasilkan uang. Hasilnya cukup lumayan, pesanan yang masuk pun dari berbagai kalangan diantaranya perusahaan swasta.

 

Seorang narapidana, Tarno mengatakan, dirinya sudah aktif membuat kerajinan tangan di dalam Lapas Brebes sejak dua tahun terakhir. Ia bisa memiliki keterampilan setelah mendapat pelatihan dari pihak Lapas sehingga bisa memiliki pendapatan dari hasil penjualan karyanya.

 

Kepala Lapas Brebes, Isnawan berharap, dengan kegiatan ini dapat memberikan keterampilan dan kecakapan untuk bekal yang baik bagi para narapidana setelah keluar dari Lapas.

 

Aktivitas kerja Lapas ini diawasi langsung oleh petugas Lapas bidang sub seksi kegiatan kerja, berlangsung selama hari senin sampai sabtu. Pembinaan kemandirian ini dilaksanakan secara terprogram dan terencana sesuai dengan dukungan sarana dan prasarana yang tersedia.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x