Kompas TV regional berita daerah

Sungai Meluap, Pemukiman Warga Terendam Banjir

Kompas.tv - 1 April 2022, 15:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah Kulon Progo pada Jumat (1/4/2022) dini hari, menyebabkan Sungai Silekor di Kelurahan Kaligintung, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, meluap.

Air bercampur dengan lumpur merendam jalan dan pemukiman warga di pedukuhan Kaligintung Kidul. Setidaknya ada ratusan KK yang rumahnya terdampak luapan sungai tersebut.

Selain merendam jalan dan pemukiman, banjir juga merendam area persawahan yang sudah siap panen milik warga. Hingga saat ini, warga masih bertahan di rumahnya masing-masing, namun tetap siaga jika banjir semakin meninggi. Sementara itu, warga masih berupaya untuk  mengamankan barang-barang yang sekiranya berharga ketempat yang lebih aman.

"Ya seringnya tidak sampai seperti ini, ini parah sekali. Arah dari utara menutup jembatannya, airnya kan tidak bisa jalan langsung meluap," ujar Jumarno, warga sekitar.

Meski sering dilanda banjir, namun menurut warga banjir kali ini dirasakan paling parah dibanding banjir sebelumnya. warga berharap dinas terkait segera memperbaiki saluran sungai yang mulai dangkal, agar kejadian serupa tak lagi terulang.

#banjir #sungaisilekor #kulonprogo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x