Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Peziarah Datangi Makam Sunan Kudus

Kompas.tv - 1 April 2022, 11:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Menjelang bulan suci Ramadhan banyak masyarakat yang berkunjung ke makam para leluhur dan wali untuk berdoa. Tidak terkecuali di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang sempat sepi akibat pandemi. Saat ini, makam Sunan Kudus yang berada di tengah Kota Kudus mulai kembali ramai dikunjungi para peziarah.

Setiap hari setidaknya ada 2.000 hingga 3.000 orang yang datang ke makam pendiri Kota Kudus ini untuk berziarah. Selain dari Kota Kudus, para peziarah juga datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah, bahkan sudah ada dari Jawa Timur.

Menurut Deny Nur Hakim, pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus, tahun ini para peziarah yang datang kemakam Sunan Kudus cukup ramai jika dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan peziarah tahun ini karena kasus Covid -19 yang sudah mulai melandai. Namun, para peziarah tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Para peziarah memang cukup ramai dibandingkan dengan tahun lalu, yang mana tahun lalu masih dalam masa pandemi. Sekarang ini juga masih dalam masa pandemi, tetapi sudah cukup melandai, dan kita tetap menerapkan prokes," kata Deny.

Peningkatan jumlah peziarah yang berkunjung ke makam Sunan Kudus ini diperkirakan masih akan terus terjadi hingga bulan Ramadan nanti.

#kudus #ziarah #sunankudus

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x