Kompas TV regional berita daerah

Harga Bahan Kue Naik Jelang Ramadan

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 11:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Harga kebutuhan bahan-bahan kue atau makanan ringan jelang Ramadan mulai mengalami kenaikan harga. 

Di salah satu toko bahan kue di Jalan Gajah Raya, Kota Semarang Jawa Tengah, kenaikan kebutuhan bahan-bahan kue sudah terjadi sekitar satu bulan. Sejumlah bahan-bahan kue yang mengalami kenaikan harga, diantaranya margarin, tepung terigu, coklat, susu bubuk, telur dan selai, dengan rata-rata kenaikan harga 5 hingga 10 persen.

Untuk harga margarin yang sebelumnya Rp 16 ribu per kilogram saat ini harganya naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Sedangkan untuk tepung terigu yang semula Rp 9 ribu, harganya naik menjadi Rp 11 ribu per kilogram.

Bahan kue lain yang mengalami kenaikan harga yakni susu bubuk yang semula Rp 35 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 49 ribu per kilogram. Coklat dari harga Rp 30 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 34 ribu per kilogram dan telur dari harga Rp 22 ribu per kilogram menjadi Rp 26 ribu per kilogram.

"Hampir semua naik, terutama margarin, butter pengganti, tepung, plastik dan tentunya minyak. Naiknya variatif, dari 5 sampai 10 persen," ujar Helena, pemilik Toko Bahan Kue Victory.

Kenaikan harga bahan-bahan kue, dikeluhkan oleh para pedagang makanan yang terpaksa mengurangi keuntungan karena harga bahan-bahan kue yang digunakannya mengalami kenaikan.

"Dari harga biasanya ada yang naik Rp 1.000 ada yang Rp 2.000. Bahan-bahan kue ini untuk berjualan martabak lipat mini. Tidak menaikkan harga martabak dan tidak mengurangi porsi martabak, tapi bertahan saja dengan berkurangnya keuntungan," ucap Yoga, pedagang martabak.

Naiknya harga sejumlah bahan-bahan kue seperti tepung terigu dan margarin, karena menjelang Ramadan dan Idul Fitri bahan tersebut digunakan untuk membuat kue kering. Kue kering identik dengan sajian khas bulan Ramadan maupun Idul Fitri.

#semarang #bahankue #ramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x