Kompas TV regional berita daerah

Tanamkan Ideologi Pancasila Lewat Lomba Mural

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 11:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk memberi semangat kepada 70 peserta lomba mural bertema Pancasila, Komandan Kodim 0733 BS Semarang bersama Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Kapolrestabes Semarang serta pihak  pendukung lainnya secara simbolis membubuhkan coretan mural di dinding tembok sebagai tanda dimulainya lomba mural Dandim Cup. Lomba yang dimulai pagi hingga sore hari ini, para peserta bebas mengekspresikan ide dan gagasannya. Namun, tidak keluar dari jalur tema yaitu pancasila.

Komandan Kodim 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Honi Havana menegaskan, dengan mural ini diharapkan tertanam nilai - nilai pancasila di jiwa pemuda, mahasiswa, pelajar dan bisa diterapkan dalam kehidupan kesehariannya.

"Menanamkan, menguatkan, nilai-nilai pancasila di generasi muda khususnya di Kota semarang ini. Dengan mural, para pemuda, para pelajar ini akan mempelajari kemudian berpikir, menuangkan dalam sebuah gambar, dan di tuangkan di tembok mural. Sehingga itu harapannya bisa menstimulasi niatan, kehendak mereka untuk mempelajari dan mengamalkan ideolgi Pancasila di kehidupan sehari-hari," kata Letkol Inf Honi Havana.

Ari Kusumah, salah satu peserta lomba mural berharap, dengan mural tema Pancasila yang terlukis di tembok mal ini bisa menumbuhkan pengunjung akan kecintaannya terhadap NKRI.

"Para generasi muda, kita berharap bisa saling bersatu, jangan mudah terpengaruh, terprovokasi," ujar Ari. 

Mural bertema Pancasila karya peserta ini bervariasi, ada yang menggambar keperkasaan garuda pancasila, ada pula yang menuangkan ide kebhinekaan dan kerukunan agama serta kecintaan terhadap tanah air NKRI harga mati.

#pancasila #mural #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x