Kompas TV regional berita daerah

Miris, Kondisi Tempat Wisata "Taman Nusa" Pasca Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 13:04 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

GIANYAR, KOMPAS TV - Beginilah kondisi tempat wisata Taman Nusa, di Kabupaten Gianyar, Bali. Hampir sebagian besar bangunan rumah adat se-Indonesia dan infrastruktur lainnya rusak parah.

Kondisi ini terjadi akibat tidak adanya perawatan, lantaran minimnya pengunjung di tempat wisata edukasi tersebut. Mirisnya kondisi tersebut, membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mendorong upaya revitalisasi di tempat wisata yang menunjukkan kekayaan budaya Indonesia ini.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata akan memberikan bantuan terhadap pengelola tempat wisata melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional atau dana PEN. Selain itu, pihaknya juga akan menjadikan lokasi ini sebagai side event dari Rapat Koordinasi Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nasional, yang mungkin akan dilakukan paruh kedua semester kedua tahun 2022.

Sementara itu, pemilik tempat wisata ini menyebut, membutuhkan dana kurang lebih 3 milyar untuk merevitalisasi keseluruhan infrastruktur. Dalam revitalisasi tersebut, pihaknya juga akan menambah sejumlah bagian untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke tempat wisata yang memiliki luas 10 hektar ini.

Sebelum pandemi Covid-19 kunjungan wisatawan ke Taman Nusa rata-rata harian 3 hingga 5 ribu orang. Tetapi sekarang hanya ada 3 sampai 5 orang, bahkan tidak ada kunjungan wisatawan sama sekali.

 

 

 

 

#tamannusa #kemenparekraf #gianyar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x