Kompas TV regional viral

Perkenalkan Ribut Santoso, Guru Honorer di Lumajang yang Bikin Heboh Warganet Gara-Gara Ini

Kompas.tv - 26 Maret 2022, 11:24 WIB
perkenalkan-ribut-santoso-guru-honorer-di-lumajang-yang-bikin-heboh-warganet-gara-gara-ini
Guru asal Lumajang, Jawa Timur bernama Ribut Santoso yang viral setelah video mengajarnya membahas tentang hubungan penyuka sesama jenis. (Sumber: Kompas.com/MIFTAHUL HUDA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Guru SDN Pagowan 1, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang, Jawa Timur, Ribut Santoso jadi perhatian netizen usai video mengajarnya viral di media sosial.

Diketahui dalam video tersebut Ribut berbincang dengan sejumlah siswanya membahas soal hubungan sesama jenis dalam hal ini laki-laki yang menyukai sesama lelaki setelah menyinggung hasil ujian para muridnya.

Kocaknya, ketika Ribut bertanya contoh dari hubungan sesama jenis itu, siswa malah menjawab gurunya sendiri.

"Kok bisa Pak Ribut? Pak Ribut ini bukan contohnya, Pak Ribut ini normal, suka perempuan," tuturnya.

Guru kelas dua sekolah dasar itu mengungkapkan membuat konten saat jam istirahat atau menjelang pulang sekolah bersama para siswanya.

Ribut juga biasa memberikan kuis dan mengulas materi pelajaran yang kurang dipahami siswa.

"Ya kan namanya anak kecil jadi ngomongnya itu polos sekali. Apalagi yang saya ajar itu sekolah di desa, jadi nuansa kedaerahannya kentara," tuturnya dikutip dari Kompas.com, Sabtu (26/3/2022).

Baca Juga: Risman Kisahkan Kedekatan dengan Miguel Oliveira saat MotoGP Mandalika hingga Viral

Guru honorer yang sudah menginjak tahun ke-19 itu membuat akun TikTok dan YouTube untuk menambah penghasilan saat pandemi Covid-19. Video-videonya rupanya disukai banyak orang, mulai dari netizen hingga wali murid.

"Yang paling viral selama lima bulan di TikTok itu video yang waktu saya review jawaban ujian siswa (tentang) tugas seorang murid adalah ngerasani tonggo (menggunjing tetangga)," tuturnya.

Menyewakan baju karnaval di tengah pengabdiannya

Ribut tak hanya mengajar di sekolah dasar saja. Ia diketahui memiliki usaha penyewaan baju khusus karnaval. Selain itu dia juga merupakan pelatih tari sejak duduk di bangku SMA.

Mulanya Ribut hanya memiliki enam pakaian potong yang dimilikinya di awal membuka usaha penyewaan baju karnaval.

Kini dia telah memiliki sekitar 50 etalase berisi pakaian di rumah sekaligus sanggar yang diberi nama R Dancer Management itu.

Baca Juga: Guru Honorer Adukan Kejanggalan Seleksi PPPK 2021 ke Komisi II DPR: Kami Rasakan Ketidakadilan

Ia mengungkapkan sebelum pandemi bisa meraih omzet hingga Rp200 juta dari usaha penyewaan baju karnaval tersebut. Meski demikian, Ribut tetap mengajar di sekolah yang jaraknya cukup jauh dari rumahnya.

"Basic saya itu guru, saya memang ingin apa yang saya miliki bisa bermanfaat bagi orang lain, termasuk ilmu yang saya dapatkan saat kuliah," ungkapnya.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x