Kompas TV regional berita daerah

Anak Sapi Terlahir dengan Dua Hidung, Kesulitan Menyusu

Kompas.tv - 25 Maret 2022, 10:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Seekor anak sapi di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, terlahir dengan kondisi memiliki memiliki dua buah hidung.

Anak sapi yang memiliki dua hidung ini terlahir di peternakan sapi milik Kelompok Tani Manunggal Rasa di  Dusun Tegal Perang, Kelurahan Tawangsari, Kapanewon Pengasih, Kulon Progo. Sebelum terlahir, induk dari anak sapi ini melewati proses lahiran yang lebih lama dibandingkan dengan proses lahiran sapi pada umumnya. Saat keluar, ternyata hidung hewan ini terlihat lebih besar karena bercabang dua, dan memiliki 4 lubang pernafasan. Namun, keduanya sudah diperiksa dan berfungsi normal.

Anak sapi jenis limousin ini merupakan peranakan pertama dari induknya yang diberi nama mulus, dan memiliki ciri khas berupa bulu berwarna coklat tua. Karena kondisi anak sapi yang terlahir dengan kondisi tak normal, Supangat, pemilik sapi ini harus memberikan perawatan ekstra dibandingkan sapi-sapi lainnya.

Supangat setiap hari harus membantu anak sapi ini untuk menyusu induknya. Hal ini dilakukan karena anak sapi ini masih lemah dan akan kesulitan jika harus minum sendiri.

"Hidungnya itu cabang dua, lubangnya ada empat. Setelah kita amati berfungsing normal, sampai sekarang perawatan masih kita dampingi," ujar Supangat.  

Kelahiran anak sapi dengan kondisi unik ini menarik perhatian warga yang tinggal disekitar lokasi. Sejumlah warga ada yang sengaja berkunjung ke peternakan sapi milik Kelompok Tani Manggul Rasa untuk menyaksikan kondisi anak sapi.

#anaksapi #kulonprogo #yogyakarta

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x