Kompas TV regional berita daerah

Sidang IPU Ke 144 Gaungkan Kearifan Lokal Bali & Kesetaraan Gender

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 12:06 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Perubahan iklim menjadi isu nyata yang dibahas pada sidang IPU ke -144 di Nusa Dua Bali, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen-BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana mengatakan, pelaksanaan Hari Nyepi di Bali bisa memberikan kontribusi untuk menjawab tantangan global menghadapi isu persoalan yang berhubungan dengan lingkungan.

Bali juga memiliki filosofi Tri Hita Karana yang mengajarkan bagaimana manusia dapat menjaga hubungan harmonis dengan lingkungan alam, dan sang pencptanya. Nilai kearifan lokal Bali inilah, yang menurutnya bisa digaungkan sebagai salah satu solusi menjawab permasalahan global perubahan iklim.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IPU, Martin Chungong mengatakan, isu kesetaraan gender keterlibatan perempuan sebagai anggota parlemen menjadi perhatian pada sidang IPU.

Sidang IPU tahun ini membuka potensi kolaborasi antar negara dalam penanganan krisis dunia, mengingat berbagai permasalahan global membutuhkan solusi bersama yang mewarnai semangat kerja delegasi IPU.

 

 

 

 

#ipuassembly #dprri #bndcc 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x