Kompas TV regional berita daerah

Syukuran Peringati Hari Air Sedunia di Kota Batu, Warga Berdoa di Sumber Air

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 18:05 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV- Menjaga dan melestarikan sumber air adalah pesan yang coba disampaikan oleh masyarakat Kota Batu dalam peringatan hari air sedunia kali ini. Selasa (22/03/2022) puluhan warga Dusun Songgoriti Kelurahan Songgokerto, berkumpul di salah satu sumber mata air di dusun mereka.

Sebelum melakukan syukuran, mereka melakukan ritual tusuk bumi dan berjalan kaki untuk mengharap berkah dari Tuhan. Usai melakukan ritual tersebut, mereka menuju salah satu sumber air. Di sumber mata air ini mereka berdoa. Namun sebelum berdoa mereka juga menanam pohon di area mata air. 

Usai berdoa, masyarakat melakukan ritual mencuci alat penanak nasi yang sudah dibawa. Hal ini sebagai simbol untuk mengharap pangan dan hasil bumi yang dihasilkan melimpah.

"Kalau anak-anak ini tidak kita ajak, mereka tidak akan tahu dan budaya ini akan punah" ujar Mishar, salah satu tokoh masyarakat.

Tidak hanya orang tua, dalam hari air ini anak-anak kecil juga dilibatkan. Diharapkan sebagai generasi penerus, mereka juga memiliki rasa untuk merawat dan memiliki mata air sebagai sumber kehidupan.

#hariairsedunia




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x