Kompas TV regional berita daerah

Dinkes Tanggapi Faskes Down Syndrome di RS Cianjur

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR,KOMPAS.TV - Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Yusman faishal, menjelaskan terkait adanya fasilitas kesehatan di setiap Rumah Sakit yang ada di Cianjur. Yakni terapi fisioterapi untuk anak berkebutuhan khusus, yang dikeluhkan orang tua anak down syndrome karena fasilitas kesehatan du Cianjur.

Pihak Dinas Kesehatan Cianjur sudah bersosialisasikan kepada setiap rumah sakit yang berada di Cianjur agar mempersiapkan sarana dan fasilitas untuk Masyarakat. 

Ia juga menjelaskan, kewenangan dinas kesehatan adalah melakukan rujukan spesialistik, dimana setelah terdeteksi adanya anak berkebutuhan khusus biasanya pihaknya langsung melakukan rujukan melalui Puskesmas dan Rumah Sakit yang mempunyai rehabilitasi medis sebagai fasilitasnya. Untuk fasilitas terapi, seperti anak yang membutuhkan terapi kesehatan yakni fisioterapi. 

Di Cianjur sendiri ada tiga rumah sakit yang memang fasilitas fisioterapi belum dikhususkan untuk anak anak yang berkebutuhan khusus, namun fasilitas tersebut masih bisa dimanfaatkan. Di Kabupaten Cianjur sendiri juga belum adanya Dokter yang dikhususkan untuk tumbuh kembang anak.,



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x