Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Petik Padi, Wujud Syukur Petani Jelang Panen

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 14:45 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Petani di Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar tradisi petik padi sepekan menjelang panen. Kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur, karena tanaman padi tetap tumbuh subur di tengah kelangkaan pupuk dan cuaca buruk.

Tradisi petik padi digelar secara sederhana di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, pada Sabtu (19/3/2022). Acara itu dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati Jember dan jajaran muspika Kecamatan Wuluhan.

Ketua kelompok tani, Khoirul Anam mengatakan bahwa tradisi petik padi digelar sepekan menjelang panen. Tradisi itu sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki dari sang pencipta. Pasalnya, di tengah kondisi kelangkaan pupuk dan cuaca buruk, beberapa petani masih bisa panen dengan hasil bagus. Satu hektar sawah bisa menghasilkan 8 hingga 10 ton padi.

Baca Juga: Bupati Jember Mengunjungi Kelompok Petani Beras Merah Organik

Bupati Jember, Hendy Siswanto berharap petani lebih inovatif dalam meningkatkan produksi padi agar jember tetap menjadi kawasan lumbung padi di tingkat nasional.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan mengatur jadwal tanam padi agar terhindar dari serangan hama dan penyakit serta mengoptimalkan pemakaian pupuk organik di tengah kelangkaan pupuk bersubsidi.

Di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan terdapat 500 hektar tanaman padi yang menggunakan sistem pemupukan organik, yang dikombinasikan dengan sedikit pupuk non organik.

 

#Petani #PetikPadi #PanenPadi #Tradisi #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x