Kompas TV regional berita daerah

Kodam XVI/Pattimura dan Unpatti Olah Lahan 2 Hektar Jadi Kebun Sayuran dan Persemaian

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 09:52 WIB
kodam-xvi-pattimura-dan-unpatti-olah-lahan-2-hektar-jadi-kebun-sayuran-dan-persemaian
Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Unpatti dalam program kedaulatan pangan mengolah lahan semak belukar seluas 2 hektar di wilayah Rumah Tiga, Ambon (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Unpatti dalam program kedaulatan pangan mengolah lahan semak belukar seluas 2 hektar di wilayah Rumah Tiga, Ambon, Maluku, menjadi kebun sayuran dan persemaian.

Keterangan itu disampaikan oleh Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon kepada KOMPAS TV, Senin (21/3/2022).

“Kami terus berkomitmen untuk hadir ditengah- tengah masyarakat dengan segala dinamika yang ada melalui Mutiara Pattimura. Bekerjasama dengan Universitas Pattimura (Unpatti), Pangdam memprakarsai program kedaulatan Pangan melalui kebun pertanian, kerjasama dengan Fakultas Pertanian Unpatti,” kata Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Sebagai perwakilan Kodam XVI/Pattimura Kolonel Arh GTH Hasto Respatyo menuturkan pihaknya sangat mendukung pemerintah mewujudkan kedaulatan pangan untuk pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Jokowi: Saya akan Paksa Perusahaan Kelapa Sawit dan Pertambangan Siapkan Persemaian

Terlebih di tengah Pandemi Covid-19, kedaulatan pangan sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sehari hari.

“Tak hanya itu, lahan ini juga menjadi laboratorium bagi para mahasiswa maupun akademisi Unpatti untuk melakukan riset, mencari metode apa yang paling tepat untuk mengembangkan sebuah lahan menjadi lebih produktif,” ucapnya.

Sementara itu, dosen Fakultas Pertanian Markus Luhu Kay menuturkan dalam mendukung ketahanan pangan, komoditi yang dibudidayakan antara lain kangkung, bayam, sawi, bunga kol dan sayuran buah seperti tomat, cabai, semangka, ketimun, pare dan lainnya.

“Kebutuhan sayur di kota Ambon sangat besar, hal ini lah yang setiap tahunnya menjadi momok bagi pemerintah, karena komoditi ini sangat berpengaruh terhadap tingkat inflasi di Maluku,” katanya.

“Di sinilah kami mencoba menjawab tantangan kedepan akan kebutuhan sayur mayur,” tambahnya.

Selanjutnya, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum berharap kerja sama Fakultas Pertanian Unpatti dengan Kodam XVI/Pattimura bisa berkesinambungan.

Baca Juga: Kunjungi Sintang, Jokowi Perintahkan KLHK Buat Persemaian di Sekitar Sungai Kapuas dan Melawi

“Ini merupakan hal yang bagus yang harus dilakukan berkesinambungan karena lahan yang awalnya belukar kini diolah menjadi kebun sayur,” ucapnya.

“Hal menarik lainnya adalah pihak Kodam melibatkan mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” lanjutnya.

Selain di Ambon, lanjut M.J. Saptenno, lahan kerja sama ini akan dikembangkan di Aru serta Tual. Tak hanya komoditi sayur, kedepannya akan dilakukan pembibitan dan budidaya kolam ikan.

Sehingga kota Ambon dapat memenuhi kebutuhan sayur sendiri tanpa harus mendatangkan sayur dari luar daerah, melalui program Mutiara Pattimura yang diprakarsai oleh Kodam XVI/ Pattimura bekerjasama dengan pihak terkait.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x