Kompas TV regional berita daerah

Sensor Digital Canggih Ukur Kecepatan Pembalap di Sirkuit Mandalika

Kompas.tv - 18 Maret 2022, 10:40 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

NTB, KOMPAS TV - Balap MotoGP Sirkuit Mandalika, 18-20 Maret 2022 mendatang, sejumlah persiapan terus dimatangkan. Bahkan pihak MGPA sendiri juga memasang sensor canggih pengukur kecepatan pembalap, yang terkoneksi dengan satelit melalui GPS yang juga terhubungan dengan semua motor pembalap.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menuturkan, pemasangan ini adalah aturan dari pihak Dorna untuk mengukut kecepatan secara digital walaupun bisa diukur secara manual langsung yang terhubung dari motor ke pengontrol di lintasan sirkuit. Dengan alat canggih ini, akan memudahkan proses kerja tim, dan kecepatan bisa dipantau dari handphone, selain juga muncul di layar kaca televisi.

Lebih dari 20 sensor dipasang, dari garis start kemudian masuk ke tikungan pertama, dan tikungan berikutnya, dengan penanda GPS, yang memberikan sinyal dari sensor satu ke sensor berikutnya. Pemasangan sensor ini dipasang di pit line, dan disepanjang jalan dengan kabel yang tertanam di lintasan sirkuit.

Sebagai informasi, tipe sensor yang ada di MotoGP antara lain sensor posisi yang mengukur jarak perpindahan elemen motor, seperti jarak main suspensi, tuas kopling atau rem, bukaan throttle, dan gearboks. Selanjutnya adalah sensor speed yang mengukur kecepatan seperti kecepatan roda dan putaran mesin .

 

 

 

 

#mgpa #motogpmandalika #sirkuitmandalika



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x