Kompas TV regional berita daerah

Pandemi, Anak Down Syndrome Tetap Giat Belajar

Kompas.tv - 17 Maret 2022, 13:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Solo, Jawa Tengah, adalah salah satu sekolah pendidikan disabilitas yang menangani anak down syndrome. Dan di saat pandemi Covid-19, ada tantangan maha berat yang dihadapi para guru dan orangtua murid. Bagaimana tidak, sistem pembelajaran jarak jauh memunculkan berbagai kesulitan.

Bicara soal pembelajaran daring saja sudah memunculkan banyak kendala. Tidak semua orangtua murid mampu dan bisa mendampingi anak-anak mereka. Inilah yang menjadi tantangan bagi para guru untuk mengajar anak-anak dengan down syndrome. Dan saat pembelajaran tatap muka digelar kembali, kelegaan pun muncul.

"Kendala yang paling besar materi yang disampaikan ke siswa. Karena siswa down syndrome itu adalah siswa mampu latih, jadi semua kegiatan harus dilatih berulang-ulang. Kalo di sekolahan yang mendapingi guru, kalo di rumah yang mendapingi orangtua," kata Erna Muslichatun Fatmawati, Kepala SLB Negeri Solo.

Mendidik anak-anak dengan down syndrome memang memerlukan kesabaran dan juga ketekunan dari para guru di SLB Negeri Solo. Ada banyak kendala dialami, terutama dimasa pandemi Covid-19.

Pembelajaran jarak jauh, ketidak sanggupan orangtua dalam mendampingi, adalah sejumlah persoalan yang dihadapi. Namun, semua bisa dilalui dengan berbekal kasih sayang dan kepedulian terhadap anak didiknya.

#solo #slb #covid



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x