Kompas TV regional berita daerah

Atasi Krisis Air dengan Penyedot Air Tenaga Surya

Kompas.tv - 17 Maret 2022, 13:30 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Sering dilanda krisis air bersih pada saat musim kemarau, warga Desa Girikulon, Kecamatan Secang, Magelang, Jawa tengah, memasang surya panel di area persawahan. Surya panel tersebut menghasilkan energi yang digunakan untuk menghidupkan pompa air bersih pada siang hari.

Pompa air tersebut berfungsi sebagai penyedot air bersih dari sumber mata air dan mendorongnya menuju ke bak penampungan, yang berjarak hampir satu kilometer. Sumber mata air yang digunakan lokasinya juga lebih rendah dari pemukiman.

Menurut Asdat Imam Ukir, Kepala Desa Girikulon, pemanfaatan surya panel untuk mencukupi kebutuhan air bersih tersebut berawal dari keprihatinan pemerintah desa terhadap warganya yang kesulitan mendapatkan air bersih. Warga harus menuju ke sumber mata air untuk kebutuhan MCK.

"Kita punya sumber mata air yang mata airnya mengalir sepanjang tahun. Kan posisinya di bawah desa, kita upayakan mesin tenaga surya, terus kita tarik ke atasa mata airnya untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga maupun untuk industri rumah tangga," ujar Asdat.

Yuliyani, salah satu warga mengaku, dengan adanya saluran air bersih tersebut kini warga merasa terbantu dan menghemat pengeluaran. Dengan surya panel tersebut bisa menekan biaya listrik bagi warga yang menggunakan air bersih dari sumur.

"Membantu sekali, soalnya mengurangi tenaga listrik, mengurangi aliran listrik, airnya juga jernih," jelas Yuli.

Saluran air bersih tersebut kini sudah dimanfaatkan oleh warga di dua dusun di Desa Girikulon serta satu dusun dari desa tetangga.

#suryapanel #magelang #desagirikulon

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x