Kompas TV regional berita daerah

Jelang Ramadhan Harga Komoditas Mengalami Kenaikan

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 17:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Jelang Ramadhan harga sejumlah komoditas di pasar tradisional Kota Semarang mengalami kenaikan. Selain minyak goreng, komoditi yang mengalami kenaikan harga yaitu telur, cabai, bawang merah dan bawang putih.

Dari hasil pantauan di pasar tradisional Peterongan, Kota Semarang, hingga saat ini pasokan minyak goreng ke pedagang belum lancar. Sementara untuk harga telur mengalami kenaikan, saat ini harga perkilo Rp 26.000 dari harga sebelumnya Rp 20.000 perkilonya.

"Kalo telur itu untuk sementara harga Rp 26.000 naik sudah seminggu ini, barangnya tidk sulit kalo telur, kecuali minyak itu mas, sulit " kata Arti ayu, pedagang sembako. 

Selain harga minyak goreng dan telur yang mengalami kenaikan, harga komoditas bumbu dapur di pasar tradisional Karangayu, Kota Semarang, juga mengalami kenaikkan. Harga cabai rawit merah dari harga Rp 35.000 naik menjadi Rp 60.000 per kilogram. Sedangkan bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikkan Rp 10.000 per kilonya, menjadi Rp 35.000 per kilogram. 

"Rawit merah sekarang Rp 60.000, lombok keriting ada yang Rp 45.000 - Rp 50.000. Brambang (barang merah) bawang itu banyak naiknya, sekarang Rp 35.000 kalo yang besar" kata Desi, pedagang sayuran.

Pedagang mengatakan naiknya sejumlah komoditas bumbu dapur ini, diduga karena faktor cuaca, sehingga berpengaruh terhadap hasil pertanian dan panen menjadi tidak maksimal.

#sembako #jelangramadhan #pasartradisional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x