Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Resmikan Ruangan Layanan Terpadu Bapas Makassar

Kompas.tv - 10 Maret 2022, 17:32 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-resmikan-ruangan-layanan-terpadu-bapas-makassar
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Resmikan Ruangan Layanan Terpadu Bapas Makassar (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, Harun Sulianto resmikan Ruangan Layanan Terpadu Balai Pemasyarakatan Kelas I Makassar (Bapas Makassar), Senin (07/03).

Kakanwil Harun mengapresiasi atas hadirnya layanan terpadu Bapas Makassar sebagai bagian dari peningkatan pelayanan Publik dalam rangka pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi ( WBK).

Harun minta jajaran Bapas untuk memperbanyak inovasi layanan publik yang berbasis Teknologi informasi dan dapat mempermudah  serta mempercepat layanan.

Kepala Bapas Makassar Alfrida mengatakan, Layanan Terpadu yang sudah diresmikan ini terdiri dari Layanan Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas), Layanan Informasi dan Pengaduan, Ruang Bimbingan dan Konseling, Layanan Perizinan klien yang  Keluar Kota dan Keluar Negeri

Juga ada  Fasilitas layanan berbasis Hak Asasi Manusia seperti Ruang Laktasi, Tempat Bermain Anak, Toilet Penyandang Disabilitas, Jalur Landai dan Lantai Pemandu

Menurut Alfrida,  Bapas Makassar juga mempunyai Inovasi Unggulan di Tahun 2022 yakni Aplikasi Layanan Informasi Data (Alfrida) yang berisi Sejumlah Informasi yang dapat diakses oleh Klien maupun masyarakat umum seperti perkembangan penyelesaian penelitian kemasyarakatan (Litmas) dan juga layanan pengaduan.

Kabapas Alfrida mengatakan bahwa Tugas dan Fungsi Balai Pemasyarakatan itu terkait penelitian kemasyarakatan untuk kepentingan perawatan tahanan, pembinaan warga binaan pemasyarakatan, usulan pelaksanaan Cuti Mengunjungi Keluarga dan Asimilasi usulan integrasi Klien Pemasyarakatan (Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas), pembimbingan Klien Pemasyarakatan, untuk kepentingan Diversi dan Sidang Pengadilan Anak Berhadapan dengan Hukum.

Kemudian, Tugas dan Fungsi Balai Pemasyarakatan yakni Pembimbingan Klien Pemasyarakatan dan Klien Anak, Pengawasan Klien Pemasyarakatan dan Klien Anak dan Pendampingan Anak Berhadapan dengan Hukum.

"Total klien Bapas Makassar per hari Jumat 4 Maret 2022 sebanyak 4.681 terdiri dari klien dewasa 4.645 orang dan anak 36 Orang. Sedangkan total permintaan Litmas pada klien dewasa pada tahun 2021 sebanyak 6.597 dan tahun 2022 sebanyak 805.  Untuk klien anak tahun 2021 sebanyak 462 permintaan litmas dan 2022 sebanyak 124 Permintaan Litmas," Kata Alfrida.

"Saat ini jumlah Pembimbing Kemasyarakatan pada Bapas Makassar sebanyak 81 Orang terdiri dari Madya 20 Orang, Muda 38 Orang, Pertama 21 Orang,  dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan 2 Orang," Lanjut Alfrida.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kadiv Administrasi Kemenkumham Sulsel Sirajuddin, Kalapas Makassar Hernowo Sugiastanto, Kalapas Perempuan Sungguminasa Dyah Wandansari, Karutan Makassar Moch. Muhiddin, Karutan Malino Ambo Asse, Kabid Inteldakim Kanwil Kemenkumham Sulsel Mirza Akbar dan Kabid Zinfokim Kanwil Kemenkumham Sulsel Edisong.



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x