Kompas TV regional berita daerah

Seekor Macan Tutul Betina Dilepas Liarkan Di Gunung Ciremai

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 15:06 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Seekor macan tutul betina dilepas liarkan di kawasan gunung ciremai kuningan jawa barat, macan tutul merupakan satwa kunci gunung ciremai selain burung elang jawa dan surili.

Setelah melewati masa habituasi selama satu bulan,  rasi seekor macan tutul berusia tiga tahun  dilepas liarkan oleh balai taman nasional gunung ciremai kabupaten kuningan jawa barat, di kawasan blok bintangot.

Untuk menjaga kondisi mental rasi agar tidak stres pelepasan dilakukan secara jarak jauh. Macan tutul betina ini  berasal dari area konservasi cikananga kabupaten sukabumi dan sudah menjalani proses rehabilitasi beberapa tahun.

Balai taman nasional gunung ciremai sebelumnya telah melepasliarkan seekor macan tutul jantan yang diberinama  slamet ramadan pada tahun 2019.

Menurut pihak balai taman nasional gunung ciremai lepas liar macan tutul di area gunung ciremai tidak membahayakan para pendaki,  kendati demikian para pendaki diminta agar mematuhi aturan yang ditetapkan  seperti tidak melakukan pendakian malam hari karena macan tutul adalah hewan nokturnal dan sangat aktif di malam hari.

Lepas liar macan tutul ini  diharapkan dapat menambah populasi macan tutul di gunung ciremai macan tutul diketahui sebagai satwa kunci gunung ciremai selain burung elang jawa dan surili.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/ Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/265166/...

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x