Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Ribu Unit Listrik Tenaga Surya Disalurkan Di Kaltim

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 00:14 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Peresmian pabrik tiang lampu penerangan jalan umum tenaga surya di Samarinda Kalimantan Timur, oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Pabrik tiang lampu jalan ini adalah satu satunya di Kalimantan Timur, dengan tujuan untuk membantu masyarakat kaltim agar mendapat penerangan saat beraktivitas di malam hari//

Pabrik ini akan mulai beroperasi dan akan merealisasikan pembuatan tiang setelah mendapat dukungan minimal dari 5 Kabupaten. Pabrik ini juga akan mensuplai  ke beberapa provinsi di sekitar Kaltim sebagai transit untuk mobilisasi tiang lampu jalan tersebut.

Isran Noor dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada PJUTS. Isran menyebutkan bahwa pemerintah pusat telah menerapkan kewajiban penggunaan barang produksi dalam negeri.

Oleh sebab itu, Isran menyebut bahwa forum ini mendapat kesempatan untuk bisa membantu serta mensuplai program pemerintah.

Tak hanya itu, program nusantara bersinar yang dirancang oleh Presiden Joko Widodo ini segera bisa dinikmati dikawasan yang belum tersentuh aliran listrik dan penerangan jalan.

M Gazali selaku Ketua Umum PJUTS Kaltim,  menargetkan pemasangan tiang untuk daerah kaltim akan dilaksanakan di 4.200 titik.  Masing masing Kabupaten akan mendapat sebanyak 5.000 tiang lampu. Saat ini ada 10 unit percontohan power plane. Dengan harapan, Kaltim sebagai ibukota negara baru, mendapat penerangan, dari daerah perkotaan hingga ke daerah pelosok.

Program Nusantara Bersinar ini juga dihadiri Kanjeng Raden Tumenggung Seno Brojowiseso selaku Kepala Deputi SDM LPP FBDH. Serta mewakili Ketua Umum Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritages, Kanjeng Pangeran Adipati Citropanuwun Al Abdussalam Azis.

#ListrikTenagaSurya #IsranNoor #Samarinda



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x