Kompas TV regional berita daerah

Di Lapas Narkotika Sungguminasa WBP dididik jadi Penghafal Quran

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 16:57 WIB
di-lapas-narkotika-sungguminasa-wbp-dididik-jadi-penghafal-quran
WBP dididik jadi Penghafal Quran (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kalapas Narkotika Sungguminasa Kemenkumham Sulsel Andi Syarif Senin (28/2) mengatakan bahwa Untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama islam di berikan berbagai kegiatan keagamaan.

Salah satunya adalah program Tahfidz Quran (hafalan quran ) yang mulai berjalan di pertengahan tahun lalu. ada 70 orang peserta nya dan hasilnya sebanyak 25 orang sudah menghafal juz 30 ( 1 Juz) dan 9 orang sudah menghafal Juz 29 dan 30 (2 Juz).

Setiap hari sabtu pagi peserta wajib setor hafalan. Koordinator dalam kegiatan ini adalah Muh. Arifai ( petugas Lapas). Ia dibantu oleh beberapa WBP Remaja Masjid. Untuk dapat ikuti program Tahfid Quran para peserta telah lulus seleksi.

Di lapas Narkotika Sungguminasa juga ada beberapa kegiatan keagamaan yakni

Pertama, kegiatan dirosa Alquran yang diikuti 130 orang, setiap sore dan minggu pagi. Ini merupakan kegiatan baca tulis Al-quran level dasar khusus untuk pemula yang belum mengenal huruf Hijaiyah sama sekali.

Kedua, kegiatan tadarrus dan Tahsin Al-Quran yang diikuti 258 orang. Kegiatan ini dilaksanakan pasca tamat kegiatan dirosa, yang dilaksanakan pada pagi hari selama 3 kali dalam Seminggu, yaitu hari Senin, Rabu dan Sabtu yang dibagi dalam 3 kelompok kelas peserta. Adapun pengajar dari kegiatan ini adalah WBP alumni dari kegiatan Tartil/Murottal Al-quran.

Ketiga, Pembinaan Murottal (tartil) Al-quran. Merupakan kegiatan lanjutan pasca kegiatan Tahsin/Tadarus Al-quran yang diikuti 60 WBP tiap sesinya, tujuannya bukan hanya memperbaiki kualitas bacaan Al-Quran tapi juga sekaligus mempelajari dan memperindah irama bacaan Al-Quran.

Mereka yang dulunya tidak mengenal huruf hijaiyah dalam Al-quran sekarang sudah bisa membacanya dengan baik , kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu Pagi dan berlangsung 1 Jam. pengajar dalam kegiatan ini adalah salah satu Petugas Pembinaan, Muh. Arifai.

Diantara WBP yang Membantu dalam kegiatan baca Tulis Al-quran dari fase Dirosa sampai Tahfidz Qur'an adalah: Andi Oddang Riu (Ketua Remaja Masjid), Rahmatullah, Supriadi, Supardi, Ansar Alias Cale, Zulkarnain, Akmal, Herianto, Yusuf Alias Ucup, dan ada beberapa WBP lainnya.

Selain itu ada kegiatan religi berbasis kajian agama Islam dan ceramah, diantaranya Kajian Rutin Fiqih Ibadah dilaksanakan setiap hari selasa pagi dan sudah berlangsung sejak Tahun lalu dengan jumlah peserta sebanyak 400 orang untuk semester ini, yang dibagi menjadi 2 kelas kelompok. Pemateri nya tdari Petugas Lapas , pesantren Hidayatullah Bollangi dan UIN Alauddin Makassar.

Juga ada program Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah. Pesertanya adalah keseluruhan WBP Muslim. Program ini di wajibkan bagi WBP yang sedang dan pasca rehabilitasi Narkoba. Kegiatan ini pihak lapas bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Gowa, Pesantren Darul Istiqomah, Komunitas Dakwah, Wahdah Islamiyah, pesantren Hidayatullah Bollangi.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto,mengapresiasi pembinaan Kepribadian di Lapas Narkotika Sungguminasa, yang Sebagian besar WBPnya aktif di kegiatan pembinaan keagamaan. “Semoga kiranya mereka menyadari kesalahannya ,memperbaiki diri dan menjadi warga yang baik,berguna dan produktif selama dan setelah jalani pidana “ kata Kakanwil Harun.



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x