Kompas TV regional berita daerah

Ogoh-Ogoh Bertema Covid-19 Karya ST Tunas Muda Sidakarya

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 10:17 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

SIDAKARYA, KOMPAS TV - Sebuah ogoh-ogoh setinggi 4,5 meter hasil karya kelompok pemuda ST Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Desa Pakraman Sidakarya, Denpasar menjadi tontonan warga.

Pasalnya, ogoh-ogoh yang terpajang di halaman Banjar Dukuh Mertajati ini mengambil tema Gerubug, yang artinya kekacauan dalam situasi pandemi covid-19.

Konsep ogoh-ogoh ini menggambarkan 4 tangan ogoh-ogoh yang membawa alat dan mempresentasikan 4 sektor yakni pembatasan kegiatan keagamaan, sektor laut, pertanian, pendidikan, dan kesehatan yang terkena imbas Covid-19.

Selain tema yang menggambarkan pandemi Covid-19, ogoh ogoh ini juga terbuat dari bahan limbah masker dan bahan ramah lingkungan seperti arang, sekam, dan kayu. Ogoh-ogoh ini dibuat sejak awal Januari 2022, dan menghabiskan anggaran sekitar 20 juta rupiah.

Setelah 2 tahun pengarakan ogoh ogoh ditiadakan akibat pandemi Covid-19, pada pengerupukan tahun ini pengarakan ogoh ogoh diperbolehkan di gelar di wilayah desa adat dan menerapkan prokes yang ketat.


 

 

#ogohogohcovid19 #sttunasmuda #banjardukuhmertajati

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x