Kompas TV regional berita daerah

Pondasi Jembatan Hancur Akibat Banjir Bandang

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 08:30 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Rekaman video amatir warga ini menunjukan derasnya banjir bandang di Kecamatan Bumiayu Brebes, Jawa Tengah, yang menghantam salah satu pondasi jembatan sungai keruh. Derasnya banjir bandang mengakibatkan pondasi jembatan amblas, sabtu sore.

 

Petugas terpaksa menutup arus kendaraan satu arah, karena berbahaya jika dilintasi kendaraan. Kabid Bina Marga Dinas pekerjaan umum Kabupaten Brebes, Ridho Khaeron minggu siang mengatakan beberapa bagian jembatan mengalami kerusakan akibat banjir. Yakni oprit jembatan sebelah selatan rusak dan turap pasangan batu hancur dihantam arus sungai.

 

Selain itu sheet pile baja yang melindungi lokasi abutment dan oprit tercabut karena derasnya arus sungai. Untuk sementara, hanya satu lajur yang bisa dilalui kendaraan. Sedang satu lajur lagi ditutup karena harus diperbaiki. Pihaknya akan berkoordinasi dengan PPK balai besar pelaksana jalan nasional wilayah Jateng-DIY untuk penanganan perbaikan jembatan. 

 

Banjir bandang menerjang Kecamatan Bumiayu pada sabtu sore akibat hujan deras selama beberapa jam hingga menyebabkan sungai erang dan sungai keruh meluap. Selain merusak jembatan dan puluhan rumah, puluhan hektar lahan pertanian juga rusak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x