Kompas TV regional berita daerah

Komunitas Pemuda Tergerak Merawat ODGJ

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 17:27 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

POLMAN, KOMPAS.TV - Karena bingung menangani dan merawat orang dengan gangguan jiwa hingga sebagian keluarga memilih untuk memasung agar tidak mengganggu dan membahayakan orang di sekitar. Kondisi ini membuat sekelompok pemuda di polewali mandar sulawesi barat tergerak untuk merawat orang dengan gangguan jiwa.

Sekelompok pemuda di polewali mandar sulawesi barat mendedikasikan waktunya membantu merawat odgj terutama yang di pasung oleh keluarganya. Berbekal peralatan mandi alat cukur dan makanan para sukarelawan mengunjungi klien odgj di sejumlah desa di polewali mandar. Perawatan dilakukan mulai dari memandikan mencukur rambut memotong kuku hingga memberi makan dan dilakukan setiap pekan.

Mereka juga mengedukasi keluarga tentang pentingnya odgj dibawah kerumah sakit untuk mendapat perawatan dibanding dikurung atau dipasung.

Komunitas pemerhati odgj dibentuk atas inisiasi seorang dosen akademi perawat ypp wonomulyo di polewali mandar. Awalnya aktifitas merawat odgj dilakukan sendiri sejak tahun 2010 silam. Seiring waktu ia akhirnya mendirikan yayasan dan mengajak pemuda dan mahasiswa bergabung menjadi sukarelawan merawat odgj di wilayah polewali mandar.

Menjadi sukarelawan merawat odgj bukanlah perkara mudah. Mereka awalnya menuai penolakan dari keluarga odg karena dianggap dapat membuka aib keluarga.

Namun berkat usaha yang ditunjukkan keluarga para odgj akhirnya mendukung usaha mereka.

Komunitas peduli odgj ini kini berhasil melepas puluhan odgj dari pasungan dan membawanya ke rumah sakit untuk dirawat. Kerjasama dengan dinas terkait dan puskesmas juga dilakukan agar penangan odgj dapat dilakukan dengan tepat.

#relawan
#ODGJ
#gangguanjiwa



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x