Kompas TV regional peristiwa

Puluhan Rumah di Labuan Pandeglang Terendam Banjir 2 Meter

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 16:21 WIB
puluhan-rumah-di-labuan-pandeglang-terendam-banjir-2-meter
Salah satu titik banjir di Labuan, Pandeglang, Selasa (1/3/2022) (Sumber: Tangkapan layar Twitter Polres Pandeglang)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

PANDEGLANG, KOMPAS.TV - Hujan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Pandeglang, Banten, mengakibatkan puluhan rumah di Desa Karanganyar, Kecamatan Labuan, terendam banjir setinggi 2 meter.

Diketahui, banjir yang merendam puluhan rumah sejak Selasa (1/3/2022) pagi diakibatkan oleh Sungai Cipunten yang meluap.

Suntama, salah seorang warga mengungkapkan puluhan pemilik rumah di Desa Karanganyar memilih untuk meninggalkan rumah dan menyelamatkan diri. Hal tersebut dilakukan karena volume air di desanya semakin tinggi.

Bahkan, lanjutnya, banyak warga yang khawatir soal aliran listrik yang masih menyala di tengah kepungan banjir setinggi 2 meter itu.

"Saat ini warga sudah meninggalkan kediamannya masing-masing karena volume air semakin tinggi dan dikhawatirkan adanya aliran listrik yang masih menyala," kata Suntama kepada jurnalis Kompas TV, Selasa (1/3/2022).

Sementara itu, Ujang warga lainnya menyebut saat banjir menerjang rumah, dirinya bersama puluhan warga hanya bisa menyelamatkan berkas-berkas penting saja.

Baca Juga: Banjir di kota Serang, Ketinggiannya Mencapai 2 Meter!

Tingginya air yang merendam bahkan membuat beberapa warga menyelamatkan barang-barang berharga di atas plafon rumah.

"Hanya bisa menyelamatkan berkas penting. Sementara barang berharga yang ada di dalam rumah sudah dievakuasi ke atas plafon rumah," ujar Ujang.

Atas kejadian itu, para warga Desa Karanganyar berharap adanya bantuan dari pemerintah mulai dari makanan, pakaian hingga pengungsian. Sementara saat ini berdasarkan pantauan jurnalis Kompas TV di lapangan, diketahui cuaca di wilayah tersebut masih mendung.

Melansir akun Instagram @InfoPandeglang, banjir di Pandeglang tidak hanya terjadi di Desa Karanganyar, Labuan. Melainkan juga terjadi di beberapa wilayah lain, seperti Desa Teluk, Labuan; Desa Citeureup, Panimbang; dan beberapa desa di Kecamatan Cigeulis, Pandeglang.

Tak hanya di Pandeglang, banjir juga dilaporkan terjadi di Kabupaten Serang akibat tingginya curah hujan yang mengguyur Banten sejak Senin (28/2/2022).

Baca Juga: Dampak Banjir Kota Serang, BPBD: 10 Perumahan Terendam, Ketinggian Air Capai 5 Meter



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x