Kompas TV regional berita daerah

Nasi Pecel Sehat Aneka Sayuran

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 12:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

DEMAK, KOMPAS.TV - Nasi pecel termasuk kuliner yang banyak disukai dari berbagai kalangan. Namun, di daerah Bintoro, Kabupaten Demak, ada warung nasi pecel yang menjajakan pecel dengan lengkap aneka sayuran, termasuk daun mengkudu.

Warung pecel milik Mbak Ratna ini berada di komplek Bioskop Garuda Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Warung pecel ini cukup dikenal karena sajian sayurannya terbilang lengkap. Mulai dari bayam, kangkung, daun pepaya, urapan sayur, kecamba, pete lamtorogung, hingga daun kelor dan mengkudu.

Selain itu, warung pecel ini juga menyediakan pecel nasi merah, yang banyak mengandung serat. Menurut Ratna, ia hanya meneruskan usaha warung pecel yang sudah turun ke generasi ketiga. Kelebihan pecel di tempatnya selain karena bumbu pecelnya juga terdapat aneka sayuran, termasuk yang jarang atau tidak ada di tempat lain, yaitu daun kelor dan mengkudu. Daun kelor dan mengkudu ini memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

"Yang membedakan pastinya di bumbu sambelnya ya, beda dengan yang lain, kalo sini sayurnya ada beberapa macam. Kalo sayur mengkudu itu istimewanya bisa buat kesehatan ya, untuk mengatasi beberapa penyakit," ujar Ratna.

Meski terdapat aneka sayuran yang menyehatkan, namun Ratna tetap mematok harga per porsi hanya Rp 8.000.

#pecel #demak #bintoro

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x