Kompas TV regional berita daerah

Pembukaan Diktukpa TNI AL Angkatan LII

Kompas.tv - 26 Februari 2022, 16:50 WIB
Penulis : KompasTV Malang

SIDOARJO, KOMPAS.TV- Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono membuka Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan LII TA 2022, di lapangan Samudera Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer Sidoarjo, Jumat (25/2/2022).


Pembukaan Diktukpa diikuti 321 prajurit strata bintara dari berbagai Kotama TNI AL, setelah sebelumnya dinyatakan lolos dalam sidang Penentuan Akhir (Pantukhir).  321 prajurit ini terdiri Korps Pelaut 66 orang,  Korps Marinir 71 orang sedangkan 184 orang lainya Korps Teknik, Elektro, Suplai, Kesehatan, Khusus dan Polisi Militer. 


Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono menyampaikan ucapkan selamat kepada 321 siswa, atas keberhasilan melewati tahapan seleksi yang ketat dan penuh tantangan.

“Tidak kalah pentingnya adalah, setelah selesai mengikuti Diktukpa ini saudara harus mampu menjadi perwira yang pemikir. The beauty of a commander is to think. Tugas pemimpin adalah untuk berpikir. Saudara harus turut berpikir bagaimana menjadikan TNI Angkatan Laut  semakin  handal  dan  disegani” ujar Dankodiklatal.


Rencananya para siswa akan mengikuti pendidikan pembentukan perwira dalam dua tahap selama sepuluh bulan. Tahap pertama yaitu pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil Juanda, dan tahap kedua pendidikan dasar golongan lanjutan, yang akan dilaksanakan di Pusdik.

Diktukpa ini merupakan salah satu proses pembangunan sumber daya manusia TNI AL,  yang merupakan bagian esensial dari pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI AL. Dimana pendidikan perwira merupakan investasi jangka panjang, yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI AL di masa mendatang.  

#tnial #diktukpa 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x