Kompas TV regional berita daerah

Mendag dan Gubernur Pastikan Minyak Goreng Normal Pekan Depan

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 14:24 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Kamis (24/2/2022) siang kemarin, Menteri Perdagangan (Mendag) RI Muhammad Lutfi, Gubernur Arinal Djunaidi, serta sejumlah perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) se-Provinsi Lampung melakukan rapat koordinasi untuk membahas kelangkaan minyak goreng.

Dari hasil pertemuan yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Lampung Mahan Agung, mendag memastikan masalah kelangkaan minyak goreng di Lampung akan selesai pada pekan depan.

Rencananya mendag akan mengirim 10 truk minyak goreng dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia ke sejumlah wilayah di Lampung yang mengalami kekosongan.

Baca Juga: Antrean Minyak Goreng Ganggu Pengguna Jalan

Tak hanya itu, mendag juga akan memasok bahan baku minyak kelapa sawit mentah atau CPO sebanyak 18 ribu ton per bulan.

Hal tersebut sesuai dengan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) sebesar 20% atau seharga 9.300 per kilogram ke tiga pabrik yang ada di Lampung, di antaranya  PT tunas baru lampung (TBL), CV Sinar Laut, dan PT Domus Jaya.

“Jadi gini, kita akan memasok Lampung, kebutuhannya kira-kira 18 ribu ton per bulan. Nantinya, ini akan di kontrakkan langsung dengan CPO harga subsidi. Kalau tidak salah di Lampung ini ada tiga pabriknya,” kata Mendag Lutfi.

Atas upaya yang dilakukan menteri perdagangan terkait menstabilkan kembali ketersediaan minyak goreng, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi langkah tersebut.

Arinal meminta nantinya distribusi minyak goreng yang dikirimkan menteri perdagangan agar dapat dikawal, serta diawasi sebaik mungkin oleh disperindag sehingga dapat disalurkan kepada masyarakat.

“Karena solusi telah diberikan oleh menteri perdagangan. Maka, hanya tinggal didistribusikan. Jadi, dinas perdagangan, bupati harus mengawasi yang telah diberikan. Jangan sampai ini diperdagangkan karena ini kan untuk masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Sidak ke Pasar, Mendag RI Janji Selesesaikan Masalah Minyak Goreng

Rapat koordinasi tersebut dilakukan, usai Mendag Lutfi bersama Gubernur Arinal meninjau ketersediaan dan harga minyak goreng di Pasar Pasir Gintung Kota Bandar Lampung, serta mendengar keluhan warga.

#minyakgorenglangka #mendag #minyakgorengmahal




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x