Kompas TV regional berita daerah

USAID Serahkan Bantuan Alat Kesehatan ke 51 Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyah

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 20:08 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Lembaga bantuan luar negeri Amerika Serikat USAID, menyerahkan sejumlah bantuan alat kesehatan kepada 51 rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyah pada Selasa (22/02/2022).

Alat kesehatan ini untuk menunjang dua program dari Majelis Pembina Kesehatan Umum (MKPU) Muhammadiyah, yakni Mentari TB for Covid-19 dan Mentari TB Recovery Plan.

Program Mentari TB for Covid-19 fokus dalam peningkatan kemampuan ICU rumah sakit dan pengadaan vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia. Ketua MKPU Agus Syamsudin menuturkan bahwa Jumlah capaian vaksinasi sudah mencapai 500 ribu orang, dan direncanakan akan terus bertambah.

Sementara itu, Program Mentari TB Recovery Plan berkonsentrasi mengeliminasi TB yang semakin berdampak di kehidupan sehari-hari. Mengingat posisi Indonesia di peringkat ketiga dengan kasus TB terbanyak di dunia, Direktur Rumah Sakit UMM menjelaskan bahwa bantuan yang diterima akan langsung dioperasikan. Salah satunya X-Ray Mobile.

Acara serah terima bantuan alat kesehatan digelar di aula Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. Penyerahan dilakukan secara simbolis melalui alat X-Ray Mobile yang digunakan untuk menampilkan citra paru-paru pasien. Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan USAID, Kementerian Kesehatan, dan Dinas Kesehatan Malang Raya.

#covid19 #tuberculosis #rsumm

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x