Kompas TV regional berita daerah

BMKG Waspadai Gelombang Tinggi

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 15:00 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Intensitas hujan disejumlah daerah di Bali cukup tinggi beberapa hari terakhir ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah tiga Denpasar menyebut selain akibat puncak musim penghujan, hal ini juga disebabkan oleh sejumlah fenomena yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan.

Bali saat ini tengah memasuki puncak musim penghujan. Secara umum menurut pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, puncak musim penghujan memang akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2022.

Selain karena puncak musim hujan, intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir di Bali juga disebabkan oleh sejumlah fenomena. Diantaranya fenomena MJO aktif di fase 3, labilitas lokal kuat, dan terdapatnya pola konvergensi di wilayah Bali yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan.

Intensitas curah hujan tinggi ini juga berdampak pada tingginya gelombang laut, utamanya di laut selatan Bali. BMKG wilayah tiga memprakirakan, tingginya gelombang laut akan mencapai 2 meter.

Potensi hujan ringan hingga lebat diperkirakan akan terjadi hingga dua hari ke depan. Masyarakat diimbau selalu waspada terhadap dampak cuaca ekstrem ini, dan selalu memperhatikan informasi dari BMKG, khususnya terkait peringatan dini cuaca dan iklim ekstrem.

 

 

 

#BMKGBali #CuacaBuruk #KepalaBMKGBali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x