Kompas TV regional berita daerah

Longsor Susulan, Akses Jalan Antar Kabupaten Terputus

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 16:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KAB. SEMARANG, KOMPAS.TV - Longsor tebing setinggi 200 meter yang berada di Jalan Nakula, Desa Kalongan, Kabupaten Semarang ini, terus bertambah sejak longsor besar yang terjadi pada Sabtu (19/2/2022). Longsor tebing dalam skala kecil di area perkebunan, menurut warga setempat masih terus terjadi dan membuat luasan area yang longsor semakin besar.

Longsor tebing ini juga membuat kondisi jalan yang berada di pinggir tebing, terputus karena kondisi jalan desa antar kabupaten rusak akibat adanya retakan dan bergelombang. Untuk sementara akses jalan ditutup sebagai antisipasi sewaktu-waktu terjadi longsor susulan. Pengalihan jalan menuju Kabupaten Demak dialihkan melewati jalur selatan Desa Kalongan, Ungaran Timur.

Warga setempat yang tinggal di Dusun Bandungan mengaku was-was adanya longsor susulan tersebut, karena khawatir tanah yang amblas dan bergeser akan berdampak ke pemukiman warga. Terlebih hujan masih sering terjadi di waktu sore hari.

"Dampak longsoran terutama warga Dusun Bandungan sini ya agak panik pak. Soalnya ini sudah merambah ke bahu jalan, dan lihat lagi tanda-tanda retak di sebelah sana yang sudah mendekati kampung," ujar Darwito, warga sekitar.

Longsor pada tebing di tahun lalu juga pernah terjadi dan sudah dilakukan perbaikan, namun kembali terjadi dengan skala longsor yang lebih besar.

#longsor #kabupatensemarang #desakalongan

 

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x