Kompas TV regional berita daerah

Demo Meminta Keringanan UKT, Mahasiswa Bentrok dengan Satpam Kampus

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 20:51 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Puluhan mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq atau UIN KHAS Jember Jawa Timur bentrok dengan petugas keamanan kampus. Bentrok terjadi saat mahasiswa menggelar unjuk rasa menuntut keringanan uang kuliah tunggal atau UKT.

Bentrok antara mahasiswa dengan petugas pengamanan kampus terjadi di halaman depan kampus Uin Khas Jember, pada Minggu (20/2/2022) sore.

Semula, aksi menyegel pintu masuk kampus berjalan damai. Namun tiba-tiba sejumlah petugas pengamanan kampus menerobos kerumunan mahasiswa dan membuka paksa pintu gerbang.

Akibatnya aksi dorong dan bentrokan pun tak terhindarkan. Rektor UIN Khas Jember, Babun Soeharto terpaksa ikut turun untuk menenangkan emosi mahasiswa.

Korlap Aksi, Abdul Muis mengatakan bahwa aksi itu untuk menuntut pihak kampus meloloskan semua mahasiswa, yang mengajukan keringan UKT karena terdampak pandemi Covid-19. 

Mahasiswa juga mendesak pihak kampus memperpanjang dan membuka kembali pengajuan keringanan UKT.

Baca Juga: Diduga Intervensi Pemira, Dekan FEB Unej Didemo Mahasiswa

Dari catatan pihak kampus, terdapat 6 ribu lebih mahasiswa mengajukan UKT, namun yang lolos verifikasi sebanyak 545 mahasiswa.

Rektor UIN Khas Jember, Babun Suharto menjelaskan bahwa bagi mahasiswa, yang belum lolos, dapat mengajukan ulang atau banding sesuai dengan peraturan Menteri Agama, yang telah disosialisasikan ke masing-masing fakultas.

Pasca bentrok, kampus UIN Khas Jember dijaga ketat polisi dan petugas pengamanan kampus, pada Senin (21/2/2022) pagi.

 

#Demo #Mahasiswa #Bentrok #UinKhasJember #UangKuliahTunggal #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x