Kompas TV regional peristiwa

Angin Puting Beliung dan Hujan Deras Terjang Maros, 68 Rumah Warga Rusak

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 14:51 WIB
angin-puting-beliung-dan-hujan-deras-terjang-maros-68-rumah-warga-rusak
Ilustrasi angin kencang. (Sumber: KOMPAS.COM/JUNAEDI)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

MAROS, KOMPAS.TV – Puluhan rumah di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan rusak akibat terjangan angin puting beliung pada Minggu (20/2/2022).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros, Andi Fadly, membenarkan kejadian tersebut.

"Menurut laporan yang masuk, ada sekitar 68 rumah yang terdampak angin puting beliung kemarin dan tadi malam,” jelassnya melalui pesan Whatsapp, Senin (21/2/2022).

Meski menjelaskan bahwa sekitar 68 rumah rusak akibat peristiwa itu, Andi Fadly mengaku pihaknya masih menunggu laporan resmi dari pemerintah setempat.

Baca Juga: Ruang Kelas Ambruk Dihantam Angin Puting Beliung

“Cuma kita tunggu laporan resmi dari pemerintah setempat untuk jumlah pastinya,” lanjutnya.

Dia menambahkan, pihaknya menerima laporan mengenai angin puting beliung tersebut pada Minggu sekitar pukul 17.00 Wita, sementara peristiwanya terjadi sekitar pukul 16.30 Wita.

Walaupun puluhan rumah rusak akibat peristiwa itu, tidak ada laporan mengenai korban jiwa maupun luka-luka.

Beberapa hari sebelumnya angin kencang yang disertai hujan deras juga melanda Kabupaten Maros, dan menyebabkan sebatang pohon tumbang.

Diberitakan KOMPAS TV, Jumat (18/2/2022), sebatang pohon setinggi 15 meter tumbang akibat hujan deras dan angin kencang di Kabupaten Maros.

Pohon itu berada di jalan poros antar kecamatan, di Desa Tenrigangkae, Kecamatan mandai, Kabupaten Maros, dan menimpa seorang pengendara sepeda motor.

Warga yang berada di lokasi kejadian, langsung mengevakuasi korban ke tempat yang lebih aman, sebelum dibawa ke rumah sakit setempat.

Sementara petugas BPBD setempat langsung membersihkan batang pohon dari badan jalan menggunakan alat pemotong dan memindahkan sepeda motor milik korban.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Rusak Tiga Rumah Warga

Selain menimpa pengendara roda dua, pohon tumbang juga membuat panik warga lantaran menimpa kabel listrik hingga putus, dan menyebabkan kemacetan lalu lintas.

"Hujan deras kemudian kencang angin, tiba-tiba jatuh pohon kena pengendara ada satu orang, kondisinya dada sama tangan sakit, dibawa ke rumah sakit" ungkap Amran, Danru Satgas BPBD Maros.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x