Kompas TV regional berita daerah

Harga Kedelai Impor Naik

Kompas.tv - 17 Februari 2022, 18:35 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MALANG, KOMPAS.TV - Harga jual kedelai impor di Malang, Jawa Timur, kembali naik. Harga kedelai yang sebelumnya sembilan ribu rupiah perkilogram,kini naik menjadi sebelas ribu rupiah perkilogramnya.

Kenaikan harga kedelai impor ini terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Kenaikan harga kedelai ini juga cukup siginifikan. Seperti yang terlihat di salah satu distributor di Kota Malang kedelai yang awalnya berkisar 9000 ribu rupiah perkilogram, kini naik menjadi sebelas ribu rupiah perkilogram. Distributor sendiri tidak mengetahui pasti penyebab pasti naiknya kedelai, karena biasanya harga kedelai memang mengikuti pasar dunia.

Ita, salah satu distributor kedelai menjelaskan, kenaikan kedelai terjadi hampir setiap hari mulai dari 100 rupiah hingga 200 rupiah per kilogramnya. Kenaikan harga ini juga sangat berpengaruh pada penjualan kedelai, karena pembeli kedelai yang kebanyakan adalah perajin tempe memilih untuk mengurangi jumlah pembelian. Jika biasanya dalam sehari distributor ini bisa menghabiskan 5 ton kedelai, kini hanya bisa menjual 4 ton kedelai.

Distributor berharap, harga kedelai bisa kembali turun dan normal. Mengingat kenaikan harga kedelai kali ini cukup tinggi.

#beritamalang

#hargakedelai

#kedelaiimpor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x