Kompas TV regional berita daerah

Ketua DPR RI dan panglima TNI Tinjau IKN

Kompas.tv - 17 Februari 2022, 14:30 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV – Ketua DPR RI, Puan Maharani, beserta Panglima TNI Andika Perkasa, menteri dalam negeri Tito Karnavian, menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi ibu kota negara baru, nusantara, di kabupaten Penajam Paser Utara, pada Rabu (16/2) siang.

Kunjungan pertama menuju titik geodesi atau titik nol IKN, kemudian melihat lokasi rencana pembangunan istana Negara, dan melihat lokasi IKN dari menara pantau.

Pada kunjungan ini Puan Maharani menegaskan bersama bergotong royong bersama buktikan IKN bisa dibangun dari awal. Semua akan dibangun IKN yang modern dan memperhatikan kontur alam dan situasi sekarang.

Ini pembangunan yang memerlukan waktu bertahap dan jangka panjang. Pemilihan lokasi sudah melalui pemikiran jangka panjang, agar ada pemerataan pembangunan di Indonesia.

Sementara Andika Perkasa menyatakan di ikn akan hadirkan kodam baru dengan perangkatnya. Kebutuhan lahan untuk tiga matra 4.500 hektare, di kawasan perluasan, dan 300 hektare untuk di kawasan inti.

Akan ajukan penambahan personil baru sampai 50 ribu ke kementrian pertahanan, untuk tiga matra, di luar kekuatan tni saat ini.

Sementara tito karnavian menambahkan seusai undang – undang IKN, IKN adalah berbentuk provinsi. daerah khusus seperti halnya di Aceh, DKI Jakarta, daerah istimewa Yogyakarta.

Ikn akan diatur kekhususan. Pimpinan disebut kepala kawasan otorita setingkat menteri, tapi bentuk pemerintahan setingkat provinsi. Selain itu untuk mempercepat proses pembangunan kawasan otorita harus diberi kewenangan yang luas.(*)

 

#puanmaharani#andikaperkasa#ikn#beritabalikpapan

Jangan lewatkan informasi menarik di Kompas TV Balikpapan, yuk subscribe channel youtube Kompas TV Balikpapan.

Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. Media sosial Kompas TV Balikpapan :

instagram: https://www.instagram.com/kompastv.ba...

facebook : https://www.facebook.com/kompastvbali...

twitter : https://twitter.com/TvBalikpapan?s=09



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x