Kompas TV regional berita daerah

Siswa Smk Berjualan Siomay Untuk Menghidupi Keluarga

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 13:53 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

LUWU UTARA, KOMPAS.TV - Demi Menghidupi Keluarga, Seorang Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Di Luwu Utara, sulawesi selatan, berjualan siomay di sekolah. selain di sekolah, diki , juga kerap berkeliling kampung menjajakan jualanya.

Dengan mengenakan pakaian sekolah, diki mengendarai kendaraan roda duanya yang dilengkapi box dan kompor gas. setiap hari, ia harus bangun lebih awal menyiapkan siomay untuk di jual di sekolah yang berjarak 4 kilometer, serta keluar masuk kampung. selain menuntut ilmu, ia memanfaatkan waktu istirahatnya untuk berjualan siomay. diki mengaku tak memiliki rasa malu ataupun gengsi saat berjualan siomay di sekolahnya.

Siomai jualannya pun menjadi buruan rekannya di sekolah. selain rasanya, juga karena harganya yang murah. dalam sehari, diki menjual 400 siomai dengan harga seribu rupiah perbiji. berjualan siomay di sekolah telah dilakoninya selama setahun.

Selain di sekolah, siswa kelas 11 smk negeri 8 ini, juga menjajakan siomay di kampungnya, di desa mario, kecamatan baebunta, luwu utara.

Diki, anak bungsu dari enam bersaudara, kini tinggal berdua bersama ibunya, di rumah yang sederhana, sementara ayahnya telah meninggal. Ia menjual siomay di sekolah dan di kampung, untuk menghidupi keluarga dan biayai sekolahnya.

Perjuangan hidup dilalui untuk mewujudkan cita citanya menjadi seorang interpreneur dan memiliki rumah sendiri. Ia berharap, usaha yang dilakukannya bisa mengubah jalan hidup dan keluarganya agar menjadi lebih baik.

#siswaSMK
#inspiratif
#anakmandiri



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x