Kompas TV regional berita daerah

Wow, di Temanggung Sapi bisa Tinggal di Indekos

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 16:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Apa yang terpikir oleh anda ketika mendengar indekos? Ya..indekos adalah sebuah rumah atau bangunan yang memiliki kamar-kamar yang disewakan dalam periode bulan atau tahun, dan penghuni indekos yakni mahasiswa atau pekerja.

Namun bagaimana jika indekos justru dihuni oleh sapi. Rumah indekos sapi ini berada di Desa Kundisari, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah milik seorang warga bernama Muhammad Anis Fatoni. Para pemilik sapi bisa menitipkan sapi peliharaan mereka di  rumah indekos ini untuk mendapatkan perawatan.

Saat ini rumah indekos ini dihuni oleh delapan ekor sapi milik warga dari berbagai kota. Sang pemilik indekos pun merawat sapi-sapi secara telaten, seperti memberi makan, membersihkan tubuh sapi dan kandang hingga memperhatikan kesehatan sapi. Indekos sapi ini sudah dibuka sejak satu tahun yang lalu. Total sebanyak 25 ekor sapi pernah menjadi penghuni di indekos ini.

"Di sini kita memberikan fasilitas kandang, alat timbangan, lahan rumput. Agar orang yang ingin beternak sapi itu dia tidak terlalu memikirkan yang lain-lain," ujar Anis Fatoni.

Selain sebagai tempat penitipan dan perawatan sapi, indekos sapi ini juga sering digunakan oleh warga sekitar untuk belajar memelihara sapi, karena tempat ini kerap dibuka sebagai tempat pelatihan tentang bagaimana cara merawat hewan ternak sapi.

"Sangat mengapresiasi. Kaum muda seperti saya jadi bisa belajar beternak gitu. Anak muda bukan hanya main gadget tapi juga bisa beternak sapi," ucap Alfian, peserta pelatihan

Seperti indekos yang pembayarannya dilakukan setiap bulan atau tahun, indekos sapi ini juga mematok harga sewa bagi siapa saja yang akan menitipkan sapi-sapinya. Dalam satu bulan sang pemilik sapi harus membayar sewa kandang Rp 1,6 juta sudah termasuk tempat, makanan serta perawatan sapi.

#temanggung #ternaksapi #indekos



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x