Kompas TV regional berita daerah

IKN Baru Butuh Konsep Social Engineering

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 13:04 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Perpindahan IKN ke Kaltim dinilai dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan SDM, maupun percepatan kesejahteraan di wilayah sekitar IKN. Hal tersebut juga dapat menjadi solusi pemerataan pembangunan di wilayah Kaltim.

Pembangunan IKN tidak hanya berfokus pada titik pusat IKN, melainkan perlu disertai dengan pembangunan kawasan sekitar IKN. Kota penyangga sekaligus kota mitra ikn juga memerlukan pembangunan dalam berbagai sektor.

Menurut Ketua Tim Excelensi PUPR dan Bapenas, Gumilar R Somantri. Yang juga mantan Rektor Universitas Indonesia, hal yang perlu disiapkan Kaltim guna menyambut IKN ialah melakukan kegiatan Social Engineering atau sosialisasi perubahan sosial terencana, agar masyarakat Kaltim lebih siap dalam menghadapi perpindahan IKN.

Sementara itu, menurut Surfani Sulaiman selaku Wakil Ketua IKA Unmul, dalam rangka perpindahan IKN ke Kaltim, warga Kaltim harus siap berpatisipasi dan berperan membangun IKN dalam berbagai sektor. Untuk itu, warga harus dibekali kemampuan yang maksimal dari segala aspek. Sesuai kebutuhan penyesuaian kebutuhan di kawasan IKN.
 

#IKN #GumilarRSomantri #IKAUnmul



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x