Kompas TV regional berita daerah

Cokelat Tempe dari Salatiga

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 15:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SALATIGA, KOMPAS.TV - Biasanya makanan berbahan baku tempe dimasak dengan cara digoreng atau dicampur dengan bahan lain, menjadi sayur atau lauk yang enak untuk disantap. Namun ditangan Umi Jamilah warga Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir Kota Salatiga, tempe bisa diolah menjadi makananan yang kekinian.

Cokelat yang biasanya dipadukan dengan kacang mete atau almond, oleh Umi Jamilah cokelat dipadukan dengan kedelai bahan baku tempe, hasilnya cokelat batangan rasa tempe. Ada beberapa varian rasa, yaitu cokelat tempe rasa original, cokelat tempe putih, cokelat tempe susu, dan cokelat tempe green tea. Proses pembuatan cokelat tempe tidaklah sulit. Tempe yang sudah digoreng kemudian dicampur dengan cairan cokelat dan dicetak dengan takaran berbentuk batangan cokelat.

Umi Jamilah mengaku, ide membuat cokelat tempe dan makanan lain berbahan baku tempe ini didasari karena kawasan tempat tinggalnya merupakan sentra produsen tempe. Sejak 2016, selain memproduksi cokelat tempe ia juga mencoba berinovasi membuat makanan dengan bahan baku tempe lain, seperti rolade, tempe bakso dan gembus bakso yang bentuknya frozen food serta bolen tempe.

"Karena tempe sendiri kebetulan merupakan produk dari desa kami. Di Salatiga sendiri belum ada produk seperti yang kami hasilkan, jadi kami punya nilai plus untuk menjual produk itu. Selain itu, juga untuk membantu desa wisata kami," ujar Umi Jamilah.

Berkat inovasi Umi Jamilah, Desa Tingkir Lor menjadi tujuan wisata. Umi tak pelit untuk berbagi ilmu, bahkan dengan siswa sekolah sekalipun. Beberapa sekolah secara berkala membawa siswanya untuk belajar membuat cokelat tempe, mulai dari proses pencairan, pencetakan, hingga pengemasan.

#cokelattempe #salatiga #inovasibaru
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x