Kompas TV regional berita daerah

Perubahan Gaya Hidup Penyebab Tingginya Penderita Kanker

Kompas.tv - 5 Februari 2022, 15:01 WIB
Penulis : KompasTV Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.TV – Dokter Spesialis Obgyn Konsultan Oncology Rumah Sakit Muhammad Yunus Bengkulu mengungkapkan, penderita kanker payudara di Bengkulu didominasi oleh perempuan berusia 35 - 50 tahun yang masih dalam usia produktif.

70 persen dari penderita kanker tersebut merupakan penderita stadium tiga hingga stadium lanjut. Tak hanya kanker payudara, kanker serviks pun saat ini masih terbilang tinggi di Indonesia termasuk di Bengkulu.

Salah satu penyebab tingginya angka penderita kanker di Bengkulu yakni perubahan gaya hidup yang tidak sehat, serta lambannya deteksi dini penyakit kanker.

Meski dikenal sebagai salah satu penyakit tergolong berat, salah seorang penderita mampu bangkit dan sembuh dari kanker. Selalu berfikiran positif dan tidak putus asa dalam masa penyembuhan, serta menerapkan pola hidup sehat adalah kunci untuk bisa sembuh dari kanker.

Kementerian kesehatan menargetkan di tahun 2030 mendatang, angka penderita kanker khususnya kanker payudara dan juga kanker serviks di Indonesia dapat menurun dengan melakukan deteksi dini serta memperbanyak edukasi kepada masyarakat terkait kanker.

#Kanker #PenderitaKanker #Bengkulu #RumahSakit



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x