Kompas TV regional peristiwa

Wagub DKI: Jakarta Dukung Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 18:01 WIB
wagub-dki-jakarta-dukung-pemindahan-ibu-kota-negara-ke-kalimantan-timur
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI mendukung penuh rencana pemerintah pusat untuk memindahkan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur. (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku Pemprov DKI mendukung penuh rencana pemerintah pusat untuk memindahkan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikan Riza dalam seminar secara virtual terkait perpindahan IKN, Jumat (4/2/2022). 

“Kami pada dasarnya sangat mendukung kebijakan pemindahan IKN. Kami memandang pemindahan ibu kota dari Jakarta menuju Nusantara adalah niat baik pemerintah pusat yang harus kita apresiasi dan di-support (didukung)," kata Riza.

Dia juga berharap pemindahan ini membuat Indonesia memiliki ibu kota yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Di sisi lain, Riza meyakini, Jakarta akan menjadi lebih baik meski tak menyandang status Ibu Kota Negara.

Politikus Partai Gerindra ini juga menekankan, pembangunan di Jakarta akan terus berlangsung seperti yang sudah direncanakan sebelumnya.

"Jadi pembangunan di Jakarta akan lebih tetap berlanjut, meskipun status ibu kota sudah berpindah," ujarnya.

Baca Juga: UU IKN Digugat ke MK, Ini Tanggapan Anggota Pansus

"Bahkan bisa dikatakan bahwa program pembangunan tidak ada yang dikurangi dan akan terus berjalan selayaknya Jakarta masih berstatus Daerah Khusus Ibu kota," tegas Riza.

Adapun alasannya, lanjut dia, karena beban perekonomian masih besar dan Jakarta menjadi urat nadi perekonomian Tanah Air.

Dengan memastikan kelanjutan pembangunan tersebut, Riza menuturkan Jakarta akan terus berkembang menjadi kota terkemuka di Indonesia. 

"Kami juga ingin memastikan bahwa Jakarta akan terus melakukan program pembangunan menjadi kota terkemuka di Indonesia, seperti kota-kota besar di dunia," jelasnya.

Tak hanya itu, dia juga memaparkan, nantinya Jakarta akan disulap menjadi salah satu kota metropolitan skala global seperti New York dan Washington DC di Amerika Serikat.

"Harapan kota Jakarta harus berkembang jadi kota besar secara global setelah tidak menjadi ibu kota. Jadi Jakarta akan menjadi kota besar pusat ekonomi dan bisnis dunia," ucap Riza.

Baca Juga: IKN Pindah ke Kalimantan Timur, Ketua Komite III DPD Ingatkan Pemerintah agar Tak Jual Aset Jakarta

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x