Kompas TV regional berita daerah

13 Rumah Retak dan Rusak Akibat Pergeseran Tanah di Perbukitan

Kompas.tv - 3 Februari 2022, 11:55 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Belasan rumah di lereng perbukitan Kabupaten Jember Jawa Timur rusak dan retak. Kerusakan terjadi setelah tanah bergerak dan amblas. Puluhan warga pun mengungsi karena takut terjadi longsor.

13 rumah warga di Dusun Porang, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember retak pada bagian dinding dan lantai rumah. Lebar retakan mencapai setengah sentimeter hingga 2 sentimeter dengan panjang hingga 2 meter, bahkan keramik lantai terlepas dan rusak.

Baca Juga: 2 Rumah Warga Rusak Tertimpa Longsor Tebing, Pemilik Rumah Mengungsi

Menurut salah satu warga, Budi, kerusakan terjadi setelah adanya pergeseran tanah. Bahkan warga sempat mendengar suara gemuruh dan seperti ledakan di dalam tanah sebelum terjadi pergeseran tanah.

Kepala Desa Jambesari, Marsuto mengatakan bahwa pergeseran tanah yang diawali dengan suara gemuruh dan ledakan dari dalam tanah bukan kali pertama terjadi. Pada tahun 2017 lalu, hal serupa juga pernah terjadi hingga merusak bangunan rumah warga.

Dari hasil pantauan petugas, ada keretakan di sejumlah titik lereng perbukitan, yang berada di sekitar pemukiman warga. Retakan itu dapat memicu longsor, jika curah hujan tinggi terjadi. Sebanyak 400 rumah warga pun terancam.

 

#TanahBergerak #TanahAmblas #RumahRetak #Longsor #Perbukitan #Jember

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x