Kompas TV regional berita daerah

Waspada! Kasus Covid-19 di Kota Semarang Kembali Naik

Kompas.tv - 3 Februari 2022, 10:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kasus harian Covid-19 di Kota Semarang Jawa Tengah, jumlahnya kembali mengalami kenaikan. Hingga Rabu (2/2/2022) siang, total jumlah kasus Covid-19 di Kota Semarang mencapai 87 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam menyebut, dari 87 kasus Covid-19, sebanyak 33 orang melakukan isolasi mandiri, 23 orang berada di isolasi terpusat dan sisanya dirawat di rumah sakit. Mayoritas adalah warga Kota Semarang dengan mobilitas tinggi. Abdul Hakam membenarkan, puluhan kasus Covid-19 ditemukan di sejumlah klaster baru seperti perkantoran, BUMN dan sekolah.

Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19, hasil dari rapat koordinasi yang dilakukan bersama dengan Wali Kota Semarang dan Forkopimda, Pemerintah Kota Semarang akan melakukan penjemputan terhadap warga yang melakukan isolasi mandiri dan akan ditempatkan di tempat isolasi terpusat. Masyarakat terus diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dimanapun berada.

"Per hari ini memang peningkatan kasusnya lebih banyak dibanding dengan periode awal di Januari. Sampai siang ini, ada 87 kasus yang ada di Kota Semarang. Sebagian besar adalah warga Kota Semarang. Dominan sebetulnya memang dari pelaku perjalanan atau tingkat mobilitasnya tinggi yang terkena Covid-19," ujar Abdul Hakam.

Sementara itu Lia Sadesi Mangiri Wadir Pelayanan RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang mengatakan, per Rabu (2/2/2022) siang ada tiga pasien positif Covid-19 dan empat pasien suspect Covid-19 yang dirawat. Namun, pihak rumah sakit belum bisa memastikan pasien yang dirawat terpapar Covid-19 varian omicron.

"Kita ada tujuh pasien covid yang dirawat di RSWN, dua adalah pasien ICU, yang satu pakai ventilator, yang satunya tidak pakai. Kemudian ada dua pasien ibu habis melahirkan," kata Lia Sadesi Mangiri.

Saat ini pihak RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang masih mengirimkan 15 sampel tes WGS pasiennya, serta sejumlah sampel dari rumah sakit lainnya ke laboratorium. Pihaknya juga mengaku, sudah siap mengantisipasi jika terjadi gelombang ketiga Covid-19 dengan menyiapkan sejumlah tempat isolasi, obat-obatan, nakes hingga sarana dan prasarana lainnya.

#rswn #dinaskesehatankotasemarang #covid19




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x