Kompas TV regional berita daerah

Demo Tolak Pencabutan SKB 2 Dirjen dan 1 Deputi Di Samarinda

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 04:44 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Ratusan massa tenaga kerja bongkar muat Komura pelabuhan Samarinda siang tadi melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor kesyahbandaran otoritas pelabuhan kelas II Samarinda, dengan membawa spanduk, bendera dan pengeras suara.

Setelah mendatangi KSOP Kelas II Samarinda, massa melakukan orasi didepan kantor dinas tenaga kerja Samarinda dan kantor dinas koperasi dan UKM Samarinda. Dengan membawa surat penolakan, aksi tersebut juga dilakukan TKBM pelabuhan diseluruh Indonesia.

Aksi ini dilakukan sebagai pernyataan sikap terkait wacana yang dikeluarkan dirjen perhubungan laut kementrian perhubungan. Tercatat 6 poin yang dianggap memarjinalkan para buruh pelabuhan, salah satunya pencabutan surat keputusan bersama 2 dirjen  dan 1 deputi tahun 2011, terkait pembinaan dan penataan koperasi TKBM di pelabuhan//

Sekretaris koperasi TKBM komura pelabuhan Samarinda Pamiliyanto menolak, mereka menilai poin tersebut dianggap bisa menghilangkan koperasi TKBM sebagai wadah pengelola dipelabuhan. Serta bisa menghilangkan pekerjaan ribuan buruh TKBM pelabuhan yang dianggap tidak sesuai prinsip bagi hasil untuk kesejahteraan karyawan dan buruh.

Massa aksi berjanji apabila wacana tetap berjalan maka ribuan karyawan koperasi tkbm komura akan turun kejalan.

Sementara itu, kepala dinas koperasi dan UKM Samarinda Ibnu Araby menyambut baik massa aksi dengan menerima aspirasi dan segera melakukan koordinasi kepada pihak terkait dan hasilnya akan diteruskan ke pemerintah pusat.

#DemoBuruh#TKBMKomura#PelabuhanSamarinda



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x