Kompas TV regional berita daerah

Si Cantik Bunga Matahari Datangkan Cuan

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 12:14 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MAGETAN, KOMPAS.TV - Seorang warga di Kabupaten Magetan Jawa Timur sukses budidaya bunga matahari. Selain mendatangkan rupiah dari hasil panen biji kuaci, kebun bunga matahari juga berpotensi menjadi lokasi wisata.

Adalah Firman Khalik, warga Desa Garon, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, yang sukses budidaya bunga matahari. Tanaman itu dibudidayakan di lahan subur dengan luas 1700 meter persegi.

Baca Juga: Budidaya Buah Nanas Jumbo, Beratnya Mencapai 6 Kilogram

Ribuan bunga matahari miliknya kini telah mekar dan menguning dan sebentar lagi memasuki masa panen. Bunga matahari bisa mendatangkan rupiah, biji bunganya dapat diolah menjadi camilan, bernama kwaci dan juga dapat diambil minyaknya.

Hasil panen bunga matahari selalu menjanjikan, setiap satu pohon atau satu bunga bisa menghasilkan 200 hingga 400 gram biji. Sedangkan harga jual biji kering mencapai 16 ribu rupiah per kilogram.

Baca Juga: Budidaya Durian Matahari dengan Pupuk Organik, Bisa Dipanen 3 Kali Setahun

Perawatan bunga matahari cukup mudah dan tidak memakan biaya produksi terlalu banyak. Selain dapat dimanfaatkan bijinya, kebun bunga matahari juga berpotensi menjadi destinasi wisata alam pedesaan.

 

#BungaMatahari #Kuaci #Magetan #Petani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x